Pages

Tuesday, May 24, 2016

Solusi Wajah Berkomedo

Solusi Wajah Berkomedo  | Komedo hitam (black heads) dan komedo putih (white heads) memang kasus pada wajah yang seringkali mengganggu penampilan. Bintik-bintik kecil hitam dan putih yang sering tumbuh di hidung dan dahi ini kerap menimbulkan krisis percaya diri. Meskipun kadang menjengkelkan sebenarnya komedo baik yang hitam atau putih cukup mudah mengatasinya. Seperti halnya cara menghilangkan komedo putih, cara menghilangkan komedo hitam bisa menggunakan bahan-bahan alami. Tentunya cara alami lebih aman dibanding produk obat kimia yang belum tentu cocok untuk semua jenis kulit.

Komedo adalah bentuk jerawat yang tertutup oleh kulit. Karena tidak ada kulit yang menutupi maka bagian atasnya semakin lama akan mengalami oksidasi karena terkena udara sehingga warnanya menjadi hitam. Pada kondisi ini yang paling penting adalah menjaga kebersihan pori-pori kulit tanpa harus memencet atau mengeluarkan isi komedo secara paksa. Komedo memang bisa tumbuh pada semua jenis kulit namun orang yang memiliki jenis kulit berminyak lebih rentan mengalami komedo. Mengapa? Karena produktifitas minyak berlebih akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori sehingga muncul komedo.

Ada beberapa cara paling ampuh untuk menghilangkan komedo hitam, berikut ini diantaranya:

  • Masker Putih Telur

Masker putih telur ternyata cukup efektif untuk menghilangkan komedo hitam meskipun kadang aromanya kurang disukai oleh beberapa orang. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur bisa diawali dengan membersihkan wajah terlebih dahulu dilanjutkan dengan mengoleskan putih telur keseluruh wajah dengan jari sebagai lapisan pertama. Setelah lapisan pertama kering kemudian dioleskan lagi putih telur sebagai lapisan kedua lalu dibiakan mengering. Khusus untuk bagian komedo bisa dioleskan lapisan ketiga. Biarkan selama 15 menit atau wajah terasa kencang. Selanjutnya gosok wajah dengan handuk lembut yang terlebih dulu dibasahi dengan air hangat.

  • Masker Madu

Dibanding sabun atau produk kosmetik yang mengandung madu, masker madu bekerja lebih optimal sebagai cara menghilangkan komedo hitam karena terbuat dari madu alami. Cara menggunakannya cukup mudah. Teteskan madu murni pada jari lalu dioleskan pada bagian wajah yang berkomedo sambil dipijat perlahan sekitar 3 menit, kemudian dibilas dengan air hangat. Selain membantu mengeluarkan komedo, masker madu juga ampuh men-steril-kan kulit wajah karena madu bersifat antioksidan dan antibakteri. Dengan sendirinya sisa-sisa oksidasi tidak akan menimbulkan flek hitam pada kulit wajah ketika komedo sudah terangkat.

Jika masker putih telur atau masker madu kurang efektif menghilangkan komedo maka kita harus mencoba masker tanah liat. Kedengarannya memang aneh namun justru dengan masker ‘aneh’ ini komedo hitam cepat lenyap dari wajah kita. Cara membuatnya, ambil tanah liat 1 sendok makan kemudian dicampurkan dengan 1 sendok makan cuka sari apel. Aduk hingga rata sampai menjadi pasta lembut. Oleskan secara merata pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Biarkan mengering sekitar 20 menit lalu seka menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat.


Cara menghilangkan komedo hitam juga bisa dilakukan dengan metode pengelupasan (eksfoliasi) dan microdermabrasion. Metode ini bisa menggunakan banyak bahan yang mudah kita temui di dapur. Misalnya biji pala yang dihaluskan sangat bermanfaat untuk scrubbing atau pengangkatan sel kulit mati sekaligus menyingkirkan minyak-minyak berlebih pada wajah. Masker susu yang mengandung asam laktat juga efektif untuk mengusir komedo hitam dari wajah. Dalam hal ini kandungan asam laktat sangat ampuh memecah sel-sel kulit tua sehingga ikut tersingkir ketika kita membilas wajah. Selain itu bahan-bahan seperti baking soda, lemon, dan tomat, adalah bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan komedo hitam.    




Copyright © 2014 Azman itu Sehat. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.